Makanan martabak di indonesia

Juni 23, 2011

Martabak salah satu makanan yang enak dan harganyapun terjangkau. Dari segi harga tidak mahal mahal amat dan pastinya rasanya yang khas akan membuat rasa senang dihati. Martabak sendiri mempunyai aneka macam jenis dengan campur tangan yang kreatif maka lahirnya aneka macam martabak yang siap disantap, martabak punya banyak jenis seperti martabak kubang, martabak kentang mini dll. Martabak menjadi makanan favorit baik dikalangan anak anak remaja maupun dewasa.

MArtabak enak dan lezat

Martabak dengan aneka rasa membuat kita semakin tertarik untuk mencobanya dan wajib bagi para kuliner sejati yang harus menjelajahi aneka martabak ini. Sedikit sejarah sebenarnya apa sih martabak itu ne saya kutip dari wikipedia. Berikut ulasan yang bisa dibaca :

“ Pada sekitar awal tahun 1930-an, beberapa pemuda asal daerah Lebaksiu, Tegal, Jawa Tengah, mengadu nasib dengan berjualan makanan dan mainan anak-anak pada perayaan yang dilangsungkan di kota-kota besar seperti Semarang. Di kota inilah salah seorang pemuda yang bernama Ahmad bin Abdul Karim berkenalan dengan seorang pemuda India bernama Abdullah bin Hasan al-Malibary.

Dari hasil persahabatan mereka, Abdullah diajak berkunjung ke kampung halaman Ahmad di Desa Lebaksiu Kidul, Tegal. Abdullah berkenalan dengan adik perempuan Ahmad yang bernama Masni binti Abdul Karim.

Kemudian Abdullah mempersunting Masni, adik perempuan Ahmad, pada tahun 1935. Abdullah atau yang biasa disebut Tuan Duloh adalah seorang saudagar yang cukup ternama di zamannya. Salah satu keahlian Abdullah adalah membuat makanan yang terbuat dari adonan terigu yang bernama martabak.

Dialah salah satu di antara pemuda-pemuda India yang berhasil memodifikasi martabak dari resep aslinya. Hal ini untuk menyesuaikan dengan citarasa maupun kebiasaan masyarakat di Indonesia, terutama orang Jawa, yang pada umumnya gemar makan sayur-sayuran dan tidak terlalu suka mengonsumsi daging secara berlebihan.

Sampai saat ini, jenis martabak telur yang dapat ditemukan di hampir seluruh pelosok Indonesia adalah hasil modifikasi. “

sudah tahu sedikit kan sejarah martabak itu dari mana ! Bisa diambil kesimpulan bahwa banyak pendatang dari luar negeri yang singgah ke indonesia dan dari keberadaan di indonesia memberi manfaat dan kontribusi salah satunya adalah martabak. Sampai sekarang martabak sendiri dimodifikasi dengan aneka rasa warna dan tampilan.

Semakin seiringnya waktu martabak ini juga terus berkembang sampai saat ini

Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin yang terbuat dari campuran telur dan daging serta martabak manis atau martabak terang bulan yang biasanya diisi cokelat. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan. Di Malaysia, martabak manis (yang dikenali sebagai Apam Balik) sering dijadikan sebagai hidangan sarapan dengan ditemani segelas teh tarik.

Mari kita ramaikan aneka makanan indonesia.

Salam kuliner

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: